Saturday, October 29, 2011

Revitalisasi FLP Semarang sebagai Sarana Dakwah bil Qolam*


Oleh: Syah Azis Perangin Angin**


Segala puji hanya bagi Allah SWT yang senantiasa melimpahkan anugrah-Nya kepada kita semua, memberikan kasih sayang-Nya kepada semua makhluk-Nya, tiada Ilah yang patut disembah dan disebut nama-Nya kecuali Allah SWT. Shalawat serta salam semoga terlimpah kepada suri tauladan terbaik, kekasih Allah SWT, Khatamul anbiya’ yang mencurahkan seluruh jiwa dan raganya untuk menyebarkan risalah Islam ke seluruh semesta alam, Nabi Besar Muhammad SAW, beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya yang senantiasa berpegang teguh kepada risalahnya hingga yaumil qiyamah.
Perjalanan untuk menyampaikan dakwah Islam bukanlah pekerjaan mudah yang bisa dilakukan oleh semua orang, hanya mereka orang-orang terbaik yang selalu menjaga diri dan hati mereka karena Allah SWT. Sebuah cita-cita dakwah untuk menjadikan sesuatu itu semakin lebih baik hanya ada satu cara yakni perjuangan, setelah pasrah ke hadirat Rabbul Izzati.
Karena itu perlu dibentuk wadah baru sebagai sarana dakwah Islam yang mampu menampilkan Islam sebagai rahmat bagi seluruh alam. Islam telah tersebar ke seluruh penjuru dunia sebagai hasil kerja keras ulama terdahulu yang berdakwah melalui goresan pena mereka. Dan melihat realitas yang berkembang saat ini, Forum Lingkar Pena (FLP) Semarang berusaha mengambil posisi strategis untuk melanjutkan perjuangn menyebarkan Islam melalui tulisan.
Estafet perjungan dakwah Islam melalui Forum Lingkar Pena perlu selalu dikembangkan sedemikain rupa sehingga memiliki karya yang bermutu dan tampil secara profesioanl. Demikian halnya FLP Semarang akan senantiasa berusaha meningkatkan kualitas karya anggota dan profesionalisme dalam berorganisasi sehingga bisa dikenal dan diterima masyarakat Kota Semarang, terutama mereka yang peduli dengan dunia sastra dan kepenulisan.
Pada priode 2011 – 2013 ini, FLP Semarang akan mencoba menampilakan wajah baru untuk meningkatkan kualitas karya para anggotanya terutama memassifkan kegaiatan sekolah-sekolah menulis serta memaksimalkan fungsi humas sebagai pusat informasi komuniakasi serta sistem kaderisasi yang lebih baik.
Karena itu perlu dibangun satu visi ke depan sehingga fungsi-fungsi dakwah bilqolam dapat terjalankan dengan baik. Kami mencoba membangun satu visi sebagai acuan ke depan selama 1 (satu) periode kepengurusan yaitu:
“Merivitalisai FLP Sebagai sarana Dakwah bilQolam.”
Untuk mewujudkan visi tersebut kita mencoba membangun misi-misi sebagai cara untuk mewujudkan visi tersebut antara lain:

1.      Membangun sistem kaderisasi yang baik untuk meningkatkan kualitas tulisan anggota.
2.      Merencanakan dan melaksanakan program kerja dengan baik dan tepat sasaran.
3.      Membangun Komunikasi yang efektif dengan pengurus FLP Semarang dan Ranting-Ranting yang ada di Kota Semarang
4.      Mengadakan kajian-kajian sastra dan pelatihan kepenulisan  serta training organisai
5.      Menjalnkan fungsi humas dan media secara berkelanjutan.
Hal tersebut di atas diharpkan bukanlah bukanlah hanya sebatas harapan dan angan-angan belaka tetapi mampu menjadi sebuah kenyataan yang terwujud selaras sesuai dengan keinginan bersama.
Ketua FLP Cabang tentunya memiliki peran strategis untuk mewujudkan visi melalui misi-misi yang dibangun. Ketua FLP cabang akan melakukan strategi pencapain visi berdasar pada tugas dan wewenagng yang dimiliki ketua untuk memimpin cabang., di anatarnya:
a.             Memimpin FLP Cabang Semarang sesuai dengan ketentuan yang berlaku di internal organisasi.
b.            Bertanggung jawab terhadap jalannya organisasi dan mewakili FLP Cabang Semarang serta bertindak ke luar/ke dalam untuk dan atas nama FLP Cabang Semarang sesuai dengan garis kebijakan organisasi.
c.             Berkoordinasi dengan Penguru Harian dalam membagi dan menjalankan tugas
d.            Berkoordinasi dalam pembagian tugas dengan Ketua Divisi (Kadiv) dan mengawasi Kadiv dalam menjalankan tugasnya.
e.             Mengarahkan dan mengawasi pelaksanaan program kerja FLP Cabang Semarang sesuai dengan prosedur yang berlaku.
f.              Berkoordinasi dengan ketua-ketua FLP Ranting dan mengawasi pelaksanaan program kerja FLP Ranting sesuai dengan prosedur yang berlaku.
g.             Membangun hubungan dan komunikasi dengan stake holder sesuai kebijakan internal FLP Cabang Semarang.
h.             Mengkoordinasikan, mengkonsolidasikan dan mengevaluasi kinerja Divisi.
i.               Dalam keadaan berhalangan dapat mengamanahkan tugas ketua kepada sekretaris.
j.              Menjalankan ketetapan dan keputusan Muscab, Musker dan Musyawarah Pengurus.
k.            Mempertanggungjawabkan semua kebijakan dan agenda kegiatan FLP Cabang Semarang pada Musyawarah Cabang FLP Cabang Semarang.

Demikian pengantar untuk Raker ini saya sampaikan. Dengan harapan, minimal FLP Semarang selama 2 tahun ke depan dapat menjadi embrio baru untuk perkembangan dan keberlanjutan Forum Lingkar Pena (Semarang) untuk periode-periode mendatang sehingga dapat bergerak secara berkelanjutan. Wallahu A’lam bishowab.

* Disampaikan pada Raker dan Pelantikan Pengurus FLP Semarang Periode 2011-2013,
Semarang, 23 Oktober 2011 di Masjid Al-Huda Tembalang.
** Syah Azis Perangin Angin, Ketua FLP Semarang 2011 – 2013
Mahasiswa Magister Ilmu Lingkungan Universitas Diponegoro, Semarang

0 Komentar:

Post a Comment