Tuesday, July 10, 2012

Catatan Muskerwil FLP Jawa Tengah


Catatan Muskerwil FLP Jawa Tengah
Oleh: Syah Azis Nangin

Pelantikan Pengurus FLP Wilayah Jawa Tengah periode 2012 - "periode berikutnya"
Hufh.. Hari yang cukup melelahkan setelah bergelut dengan dunia kampus dan organisasi selama 2 minggu terakhir. Di saat aku sedang ujian semester II di Magister Ilmu Lingkungan Univ. Diponegoro, di sisi lain aku juga harus merancang serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan Forum Lingkar Pena (FLP). Alhamdulillah, atas segala kemudahan yang diberikan oleh Allah SWT kedua urusan yang sangat urgen tersebut dapat terlaksana dengan baik meskipun sampai saat ini hasil semesterku belum keluar. Namun aku yakin bahwa meskipun hasil mungkin tidak perfect banget tapi paling tidak semoga tidak ada mata kuliah yang mendapat nilai "C".
Sedangkan untuk acara ke-FLP-an, saya bersama teman-teman pengurus FLP Semarang diamanahi untuk menjadi panitia Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) FLP Jawa Tengah yang dilaksanakan pada hari Sabtu - Ahad, 30 Juni - 01 Juli 2012 di SDIT Cahaya Bangsa Mijen, Semarang. Alhamdulillah, dengan rasa syukur acara tersebut pun bisa dibilang berjalan dengan lancar karena seluruh agenda acar yang direncanakan terlaksana semuanya meskipun masih ditemukan kekurangan  di sana-sini terutama masalah waktu yang memang masih suka molor.
Meskipun tidak semua pengurus FLP di Semarang baik di tingkat ranting maupun cabang yang hadir pada agenda tersebut namun masih banyak tangan-tangan gigih yang siap membantu terselenggaranya acara. Kepada teman-teman panitia saya ucapkan jazakumiullah khairan katsiran atas partisipasi teman-teman dalam menyukseskan jalannya cara. Demikian halnya seluruh pengurus cabang yang hadir dari berbagai penjuru di Jawa tengah. saya ucapkan ahlan wa sahlan dan terima kasih atas kehadiran dan partisipasinya dalam menyukseskan acara.
Hampir seluruh cabang di wilayah Jawa Tengah yang mengirimkan delegasinya meskipun ada yang belum mengirimkan delegasi karena bertabrakan agenda lain atau mungkin ada sesuatu hal yang menyebabkan mereka belum bisa datang ke Semarang. Beberapa di antara pengurus tersebut sudah aku kenal karena dulu dalam serangkaian acara FLP baik  tingkat nasional maupun cabang sudah pernah bertemu. tapi tidak sedikit yang merupakan wajah-wajah baru bagiku. Semoga wajah-wajah tersebut akan terus muncul dalam setiap event-event FLP pada waktu yang akan datang.
Cukup lelah memang mengurusi acara tersebut, apalagi aku diamanahi sebagai koordinator pelaksana oleh FLP Jateng untuk menyelenggarakan acara tersebut,. namun dibalik kelelahan dan peluh tersebut ada cinta yang selalu membuatku kuat meskipun tertatih, yaitu cinta kepada saudara-saudara seaqidah yang memiliki perjuangan sama, menyiarkan ajaran Islam melalui tulisan alias dakwah bilqolam. Dengan harapan semoga segala sesuatu yang dikerjakan menghadirkan ridho Allah dan tidak berbuah sia-sia.
Di hari pertama agendanya adalah ta'aruf, pelantikan, dan rapat kerja wilayah. Dari ta'aruf tersebut aku jadi mengetahui anggota FLP dan kondisi beberapa cabang di wilayah Jawa Tenagh. Ada banyak semangat baru yang terus tertuang untuk tetap berjuang melalui FLP di tingkat cabang. Saya juga menyampaikan barakallah kepada seluruh pengurus wilayah yang sudah dilantik sehingga dalam menjalankan amanah akan lebih mantap karena merasa memiliki FLP. Atas semua program program kerja yang direncanakan semoga dapat dijalankan dengan baik selama 1 periode kepengurusan ke depan sehingga bisa mengayomi seluruh anggota FLP Jawa Tengah dalam meningkatkan kemampuan dan bakat anggota dalam menulis. Paling tidak mampu menjadi pioner anggota FLP Jawa Tengah. 
Agenda utama di hari kedua adalah sarasehan kepenulisan. Baru kali ini aku menghadiri sarasehan yang jumlah pematerinya bisa dibilang cukup banyak yaitu 4 orang. Antara lain Riana Wati (solo), Ali Marghosim (Semarang), Agus M Irkham, (Batang), dan Rahnman Hanifan (Pemalang). Peserta dalam sarasehan tersebut sekitar 40 orang yang terdiri dari peserta Muskerwil ditambah beberapa anggota FLP Semarang yang datang dari berbagai ranting yang ada di Semarang: Ngaliyan, Peleburan, Tembalang, dan Sekarang. Terima kasih kepada para penulis senior yang telah menularkan virus-virus kebaikan sehingga dapat merecharge kekuatan seluruh peserta terutama diriku sehingga lebih bersemangat dalam menulis.
Ada banyak ilmu yang dapat aku keruk dari sarasehan tersebut. Hal ini mungkin seluruh pembicara bagiku adalah penulis penuli hebat yang selama ini telah memiliki pengalaman yang luar biasa. Ada bamyak hal penting yang dapat diterapkan bagi seorang penulis agar pemula berkelanjutan dalam menulis. Di antaranya adalah bahwa kita tidak boleh berhenti menulis. Ada masalah klasik yang sering dikeluhkan oleh para penulis pemula yaitu apa yang harus kita lakukan jika kita kehabisan ide, atau sedang tidak mood. Penjelasan yang apik disampaikan oleh Riana Wati adalah bahwa jika kita mengalami hal tersebut maka buka lembaran atau kertas baru untuk menuliskan kenapa kita tidak punya ide, kenapa kita malas atau apa yang menyebabkan kita bad mood. Kemudian, masalah materi tulisan, kita tidak perlu terlalu berorientasi pada hasil, baik atau buruk. Tapi berorientasilah pada proses dan isi. Dengan begitu kita akan dapat menghargai diri sendiri tanpa harus memikirkan honorium yang mungkin akan kita terima dari tulisan kita, jika dimuat di media tertentu. Menulis haruslah untuk menulis bukan menulis untuk mengejar materi atau popularitas.
Ada banyak ilmu dan pelajaran yang aku dapatkan selama dua hari mengurusi Muskerwil bersama teman-teman yang lain. Dan yang tentu adalah bertambah kenalan dan teman. Insya Allah setiap tetes peluh yang kita keluarkan tidak akan sia-sia paling tidak akan menjadi pelajaran yang sangat berarga terutama dalam membagun masa depan yang lebih baik, mengolah diri sehingga bisa menulis lebih baik. Menulis, menulis, dan menulis. Semoga bermanfaat.

^^^
Semarang, 02 Juli 2012

Syah Azis Perangin Angin, ketua FLP Cabang Semarang

2 Komentar:

  1. assalamu'alaikum kak
    saya ingin gabung dengan FLP bagai mana caranya?
    mohon penjelasanya

    syukron katsir

    ReplyDelete
    Replies
    1. wlkm salam wr. wb.. kalau mau gabung harus melalui open recruitment yang diadakan setiap tahunnya, tapi kalau mau ikut kegiatan FLP, kita terbuka untuk umum.. besok jumat tgl 03 Agustus 2012 kita juga ada agenda di Gramedia.. silahkan nggabung di sana..

      Delete