Friday, November 2, 2012

Maemunah dan SKLP


Bunda Nay

“Hello….hari gini gak punya HaPe ???”. Persis kayak tarsan kesasar di pusat kota aja. Ditambah tas dan sepatu nggak ada yang branded alias merk pasar tanah abang.
“Uh…sebel !!!. Kalo kayak gini mana bisa gue diterima di komunitas anak gaul yang always eksis di sekolah……”
Ups, tapi ada lagi masalah yang bikin cewek manis bertubuh jangkung ini uring-uringan sejak dia diterima sebagai siswa baru di salah satu SMU favorit di kotanya.
Bayangin aja…jaman modern kayak gini masih aja ada ortu ngasih nama anaknya jadul abis…..SITI MAEMUNAH…..nah loe….
Munah membanting tasnya ke kasur. Sepatu dan kaos kakinya dilempar di pojok kamar. Rambutnya yang tergerai sebahu sampe berantakan.
Nyak Onah yang tahu anaknya ngambek langsung beringsut mendekati Munah.
“Loe nape Mun…..kayak orang gile….anak perempuan pulang bukannye salam ame cium tangan Nyak, malah ngamuk. Kesambet setan dimane loe.?”. munah masih terus manyun.
“He…ditanya Nyak diem aje…Loe nape…? Ade yang jahatin loe….??”
“Nggak..!!”
“Trus nape..???”
“Munah sebel….sebel….pokoknya Munah sebel…!!!!”.
“Sebel nape ? Cerite ame Nyak…..”
“Nape sih….nama aye MAEMUNAH...”
“Lho…apenye yang salah…??. Eh Loe tahu…babe loe ampe kagak tidur due ari
due malem gare-gare mikirin name ape yang pas buat loe…”
“Ya ampun Nyak….Kan bisa Agnes Monika, Bunga Citra Lestari…Sherina…Melinda…ato apa kek…Eh ini SITI MAEMUNAH…kagak ada keren-kerenya dikit…..Munah malu Nyak…. Tiap kali kenalan Munah mesti diketawain. Kata mereka nama Munah tuh kayak jaman baheula, kagak gaul…..”
“O…jadi loe nyalahin Nyak Babe…??”
“Pokoknya aye malu punya nama Maemunah….mending Munah mati aje…”
“Ye….loe kira enak mati…Dikubur loe bakal ditanye ape amal loe, sholat loe, kelakuan loe. Trus kalo kagak bener bakal dibakar di nerake. Loe mau …?!!”. Nyak marah-marah.
Munah merinding. Ngeri juga denger omongan Nyak. Apalagi kalo inget kadang-kadang Munah suka bolong-bolong sholat, terutama sholat shubuh yang suka kebablasan jam 7 pagi.
“Makenye kalo ngomong dipikir dulu…”
“Iya…ya…tapi mulai besok Munah kagak mau pake tas ama sepatu itu lagi……”
“Nape lagi…itu pan baru dibeliin Babe loe…….”
“Pokoknya kagak mau…!! Munah malu…Itu pan belinya di pasar tanah abang, kagak ada mereknya………”
“Nyak heran….kok loe jadi kagak ade syukur-syukurnye gitu sekarang……
Eh….bisa makan ame sekolah aje kite mesti bersyukur…jangan macem-macem…apelagi sekolah loe itu sekolah favorit, sekolah mahal. Kalo Loe kagak serius, minta yang aneh-aneh, mending besok loe kagak usah sekolah….. noh…sono bantuin Babe loe jualan jengkol ame sayur di pasar….!!” Nyak marah-marah, lalu meninggalkan Munah yang masih manyun. Munah makin cemberut. Dihempaskannya tubuhnya ke kasur yang udah keras karena nggak dijemur bernimggu-minggu.

@@@@@@@


Jarum jam di tangan Munah udah nunjuk di angka 06.10, tapi Munah belum juga dapat angkot. Munah terus menutupi hidungnya dengan sapu tangan. Kepulan asap dari knalpot motor dan angkutan begitu kotor membuat udara rasanya tak sehat lagi untuk dihirup, apalagi untuk kota seperti Jakarta dengan tingkat polusi yang amat tinggi.

5 menit kemudian, hap…! Munah langsung melangkahkan kakinya ke angkot, begitu angkot yang dinantinya datang. Baginilah nasib anak pas-pasan, ke sekolah musti rela berhimpitan dengan puluhan orang di dalam angkot. Ada tukang sayur, kuli, dan tak jarang copet yang pura-pura jadi penumpang biar aksinya lancar. Sepanjang perjalanan Munah berdoa semoga hari pertamanya di sekolah nggak ada kejadian malu-maluin.
Apalagi sekolah barunya, SMU Bunga Bangsa terkenal sebagai sekolah anak-anak berduit, alias orang-oarang kaya. Pasti anak-anaknya keren-keren, wangi-wangi, super gaul, dan style nya always up to date.
Dan bener aja, begitu Munah melangkahkan kakinya di halaman sekolah, di sana udah rame kumpulan anak-anak yang lagi nyari kelas baru mereka.
Munah jadi langsung minder, begitu melihat murid-murid baru yang hampir semuanya pegang blackberry.
Setelah rela berjubelan, akhirnya Munah bisa lihat namanya di papan informasi, di deretan nomer 9 dari 30 nama. Batin Munah mulai dag dig dug.
“Tuh kan…namanya keren-keren…Aurellia, Ferdian Saputra, Samuel Hutabarat, Karenina, Rosa Melinda, Victor, Alexa Sanjaya, Gabriel Amanda, Terry Putri, dan urutan 9……SITI MAEMUNAH….”
Reflek Munah menutup matanya kemudian celingukan ke kanan ke kiri, takut ada yang tahu namanya.
Munah berjalan lunglai menuju kelas 1.2 yang berada di pojok sekolah. Terbesit di hatinya mengarang nama keren untuk kenalan.
“Ah…siapa ya…..kalo gue kenalan pake nama Munah, pasti diketawain…………
Ena…Titi…..Nana…..Mae…..ya……..
Mae…..Siti Maemunah, panggilan Mae…..kan keren tuh……kayak Maesilla Mirdad…..ih ngga nyambung…”
Mata Munah…eh Mae berkejap-kejap, senyum manis tersungging di bibirnya, seperti mendapatkan kekuatan baru.

@@@@@@@


Begitu upacara perdana selesai, agenda berikutnya adalah “Tak kenal maka tak sayang”, alias kenalan biar lebih dekat satu sama lain.

Satu persatu anak-anak maju ke depan kelas dan di daulat buat presentasi, ceileee….maksudnya ngenalin diri.
Munah, eh Mae duduk di deretan paling belakang di sebelah cewek berjilbab, namanya Danish. “Tuh…yang pake jilbab aja namanya keren….nah gue…tampang preman, eh…tomboy abis gini namanya Mae…alias Maemunah”. Mae terus bertengkar dengan hatinya.
“Ok guys, please introduce your self with short story about your birthday, family, and maybe your activity in English, Indonesian, or Javanesse. And the first please….”, Miss Aida memberi kesempatan seorang cowok jangkung maju ke depan kelas. Suer…ganteng abis…
“Hey…my name is Ferdyan Saputra. I’m from Riau. I was born at 18 july 1995”
“Hai semua….nama gue Karenina, biasa dipanggil Karen. Lahir 2 januari 1995. asli Jakarta. Pekerjaan ortu, bokap direktur sebuah bank swasta di Bandung, nyokap ngurus butik di deket rumah. Hobby renang, hang out bareng temen-temen and modeling, karena gue ikutan model dari SMP. Pengalaman berkesan, gue pernah jadi wakil Indonesia di Uzbekistan, jadi duta batik and juara 1”
Mae geleng-geleng kepala. Dari 1 sampe 10 orang yang kenalan hampir semuanya berprestasi dan ortunya pasti orang sukses. Dengan menghimpun seluruh kekuatan, Mae terus menyemangati dirinya biar nggak minder. Namanya emang kampungan, norak, tapi jangan nanya soal prestasi. Sejak SD munah pasti rangking 1di kelasnya.
“Eh…giliran loe…”. Mae menyikut Danish yang nggak sadar udah gilirannya maju.
Danish maju ke depan dengan pede. Mae ngerasa cuma Danish yang penampilannya biasa aja, tapi tetap cantik dengan jilbabnya.
“Hey…my name is Danisha Wibisono, but you can call me Danish. I was born in Malang, 10 april 1995. I live in Pondok Indah, Jakarta. My hobby is photography ……”
Danish menyudahi perkenalannya begitu sudah tidak ada lagi pertanyaan. And now………giliran Mae yang maju. Tiba-tiba kakinya gemeteran, rasanya mau pipis di celana. Tapi Danish tersenyum dan terus ngasih semangat.
“Hai…ayo maju….pede aja lagi……”
“Bismillah….”
Mae maju ke depan.
“Pagi semua……kenalin gue anak Betawi. Encang, encing, engkong gue juga asli Betawi. Gue biasa dipanggil Mae……..”
Tiba-tiba ada yang nyeletuk, ”Mae siapa….? Maemunah….ha…ha…ha…”. seisi ruangan tertawa terbahak-bahak kecuali Danish yang terus ngasih semangat dengan ngacungin 2 jempol. Miss Aida kebetulan lagi keluar waktu itu. Karena ngerasa diketawain, Mae sekalian aja ngelucu, padahal hatinya pengen nagis.
“Ye…pan gue belum cerita. Panggilan gue Mae…alias Siti Maemunah. Itu asli nama Betawi. Nyak babe gue kerjanye jualan sayur di pasar. Gue anak satu-satunya…pengalaman berkesan…pernah kagak bisa pipis sehari semalem gara-gara kebanyakan makan jengkol…..”
“Huuu….”
Usai Mae kenalan, bel istirahat berbunyi. Mak plong……..Mae udah laper pengen ke kantin.
“Ke kantin yuk……laper nih……” Danish nyikut tangan munah.
“Yuk…”
Mae bersyukur ada Danish. Kalo nggak ada, wah…...pasti kayak monyet kehabisan pisang, alias sendirian nggak punya temen, Mae bicara dalam hati.
“Busyet dah…..kantinnya bersih bener…luas and wuih…..ada fried chicken, burger, steak, mie ayam, bakso, es krim, semua dengan outlet sendiri-sendiri…….bayar dulu baru makan….”
Mae ngitung kira-kira uangnya cukup nggak buat jajan. Tengsin kan kalo sampe kurang.
“Pesen apa Mae….?”
“Eh…oh…eh….loe apa ?”
“Aku burger aja sama minum…”
“Ya udah sama deh….”
“Berapa mbak…..?”
“10 ribu….”
“Ha……!!”
mata Mae mendelik.
“Mahal amat…….” Batin Mae dalam hati.
Padahal nyak tadi cuma ngasih 13.000. yang 3.000 buat ongkos, 10.000 jajan… lha ntar pulangnya gimana …?”
“Kamu kenapa…?
“Kagak…..kagak napa-napa. Eh ya…..loe manggilnya kagak usah kamu aku dong….biar lebih akrab gitu……”
“Ye….aku kan bukan orang Betawi non… nggak bias loe gue….”
“Oh iya….lupa…..loe asli Jawa ya….”
“He eh…eh bentar ya…ada sms….?
Danish ngeluarin blackberry nya.
“Eh…nomer hape kamu berapa, biar aku save……”
“E….anu….e……”
“Kenapa……?”
“E….hape gue ketinggalan……..”
“Masak nomer sendiri nggak hafal….”
“Anu….e…itu…..nomernye baru aja ganti, jadi kagak hapal…..besaok aja ya….”
“Ok….”
“Aduh….nape jadi bo’ong….” Hati Mae protes.

@@@@@@@


“Assalamu ‘alaikum……………..”

“Wa alaikum salam……………….”
Mae ngeloyor langsung masuk kamar.
“Eh….kutu kupret…..loe nape lagi…..dateng-dateng cemberut gitu….loe nyak sekolahin biar jadi orang pinter, hormat orang tua, bukannye malah berani ama orang tua…… lagian ini udah jam berape….loe ngelayap kemane aje….? Hari gini baru pulang…”
“Aduh Nyak…..volumenya dikecilin dikit napa ? aye capek Nyak……..”
“Eh….kurang ajar nih anak ye…..loe cuma sekolah aja bilang capek….gimane ame Nyak Babe yang siang malem kerja biar bisa bayar sekolah loe…….”
“Ah….pusing ngomong ama Nyak…. kagak ada bener-benernya….”
Mae marah-marah terus ngeloyor masuk ke kamar. Dibiarin Nyak yang masih marah-marah karena dia pulang telat. Di kamar Mae nangis sejadi-jadinya. Rasanya komplit sudah penderitaannya.

@@@@@@@


Mae melongo, setiap kali Evan lewat kelasnya atau sekedar papasan di perpustakaan.

Sumpah…..makhluk satu ini, dari ujung rambut sampe ujung kaki bener-bener bikin Mae ngiler kalo lihat. Anaknya pinter, gaul, populer di sekolah dan temennya bejibun. Jangan tanya soal penggemar. Cowok yang doyan banget basket itu ternyata juga jago taekwondo. Wuih…..apa nggak pada klepek-klepek tuh cewek-cewek.
Setiap kali Mae mikirin tuh cowok tiba-tiba kepala Mae jadi pusing tujuh keliling. Tapi Mae sadar banget, dia bukan tipe cewek yang disukai Evan alias bagai pungguk merindukan bulan….jauh kalee…….
“Kagak apa-apa deh….jadi penggemar gelap udah lebih dari cukup buat Mae…”
Begitu hati Mae selalu ngasih semangat. Tapi terus-terusan ngempet perasaan rasanya Mae enek jua. Cape !!.
Otak Mae terus diputar, nyari cara gimana caranya Evan ngerti perasaannya. Sampai suatu hari saat Mae memilih ekskul taekwondo. Secara….jarang kan cewek tertarik sama ekskul satu itu. Apalagi di sekolah Mae, hampir semua cewek pada monomer-satukan penampilan.
Hari itu Mae bertemu dengan Evan saat latihan.
“Oh my god……”. Serasa bumi berputar. Rasanya tiba-tiba kaki dan tubuh Mae lemes.
Ih…..bener-bener lebay……..!!
Mae diwawancarai sang pelatih tentang prestasi Mae waktu SMP. Sang pelatih manggut-manggut waktu tahu ternyata Mae sudah sabuk hitam. Mata Mae berbinar-binar saat Evan ngajak kenalan dan ngobrol santai.
“Ni dia kesempatan gue…..” batin Mae.

@@@@@@@

Obrolan ringan itu membuat Mae semangat latihan. Bagai charge saat hape low batt
Tapi …..o la la……… mata Mae membelalak seraya menguceknya berkali-kali, berharap adegan di depan matanya adalah mimpi.
Fristy, si ratu cheerleader yang macan alias manis, cantik, putih, mulus, de el el…nyamperin Evan.
Fuih…mereka mesra gitu…jangan-jangan mereka udah pacaran.
Hm……kalo kayak gini Mae jadi mati gaya. Pupus sudah harapan Mae untuk dekat dengan Evan, ucap Mae dalam hati.

@@@@@@@


“Brak……..!!!”

Mae mambanting tas di kursi, nafasnya tak teratur, giginya gemeretak. Danish cuma senyum manis ngelihat tingkah sahabatnya.
“Ye….pagi-pagi udah ngamuk, napa emang ?”
“Gue sebel……..”
“Kenapa ?”
“Tuh si Fristy…..ternyata dia tuh gebetan si Evan…….”
“Trus kenapa kamu yang marah-marah ?”
“Ya elah…loe kagak ngerti juga. Itu artinya kesempatan gue buat jadi pacar Evan udah ketutup….”
“Hm….ya udah…lupain aja….”
“Enak aja loe bilang…..mana bisa gue ngelupain Evan……secara dia itu cinta pertama gue…..kata orang, first love is never dies….”
“Ya udah….kalo gitu met jadi pemimpi cinta. Siap-siap aja…semua bakal berantakan kalo loe cuma fokus sama urusan itu……”
“Ih…kok loe kagak dukung gue sih… jahat loe…..”
“Mae….banyak hal yang mesti kta pikirin dalam hidup kita, ketimbang cuma fokus sama hal-hal yang nggak penting gitu…”
“Gue heran ama loe…. Sejak kita kenal, kok loe kagak pernah sedikitpun cerita siapa cowok loe, ato loe lagi naksir siapa gitu…..padahal yang laen pada sibuk mau party di man, ngedate ama siapa….
Eh…loe jangan belajar terus dong…. Cepet tua tau…..!!”. Mae jadi marah-marah, Danish cuma nyengir kuda.
“Mae…setiap orang punya visi, misi, cita-cita, dan juga prisnip hidup yag mesti dipegang. Dan kita mesti punya SKLP……”
“Apaan tuh SKLP……….?”
“Skala Prioritas non……..”
“Ih…..omongan loe kayak dosen aja…”
“Sorry Mae…aku emang udah terbiasa hidup teratur dan punya skala prioritas… mungkin karena ortu ku seorang dosen kali ya……cita-citaku pingin jadi dokter spesialis bedah syaraf. So….dari sekarang aku mulai serius agar cita-citaku terwujud. Aku mulai pilih-pilih kegiatan yang penting dan nggak….. termasuk……pacaran….!.
Pacaran nggak ada dalam skala prioritas ku, karena aku takut kalau aku ngurusi itu, aku nggak bisa fokus sama tujuan utamaku…….”
“Jadi ortu loe ngelarang loe pacaran gitu….?”
“Nggak…..”
“So what……….?”
“Papa mamaku nggak ngelarang. Mereka cuma ngasih aku pilihan-pilihan., ngasih penjelasan baik buruk pacaran itu apa...…..aku mau fokus sama cita-citaku,
jodoh itu udah ada yang atur. Kalo emang udah tiba waktunya pasti dia datang juga. So……enjoi aja….”. Danish mengerdipkan matanya seraya memamerkan ggi putih dengan senyumnya.
“Hm…..salut gue ama prinsip loe……”
“Sekarang saatnya kamu buat skala prioritas di hidupmu…..kalo emang Evan itu prioritas utama kamu dan kamu yakin betul, so….take it, perjuangkan itu girl….. But if he is not your main priority, leave it please….. emang sih semua pilihan pasti ada enaknya dan nggak enaknya. Tapi yakin deh….Mae pasti bisa….. just take it or leave it…..!”
“Thanks ya masukannyae…..loe emang sobat gue yang paling baik……..”

@@@@@@@


Beberapa hari kemudian Mae kepikiran terus masukannya Danish, “skala prioritas”. Danish emang tipe perfeksionis, tapi buat Mae hidup biarin ngalir aja kayak air. Masa muda kan cuma sekali, nggak akan ada lagi kalo udah tua.

So……kenapa nggak nikmati aja semua prosesnya. Emang sih…..Mae sempet fokus ama sekolah dan nomer duain soal cinta.
But….sejak ada gosip Evan bubaran ama Fristy, Mae jadi sedikit lupa tuh ama skala prioritas yang udah dibuatnya di buku harian. Apalagi saat dengan tiba-tiba Evan ada angin deket-deket ama Mae. Mulai ekskul bareng, makan, sampe dianter pulang.
Danish sempat ngingetin ke Mae kalo ada gelagat Evan yang nggak bener, tapi Mae anggap aja angin lalu. Secara…..udah berbulan-bulan Mae jatuh cinta setengah mati sama cowok itu. Nah…sekarang giliran dia udah ngasih lampu ijo, masak sih di sia-siain.
Sebulan terakhir mendekati ujian semester, Mae makin deket sama Evan. Kemana-mana bareng dia, sampai sering lupa kalo ada janji pergi ato pulang bareng Danish. Bahkan demi Evan, Mae pernah bertengkar sama Danish yang terus ngingetin soal Evan. Mae ngerasa kalo Danish sok tahu, sok pinter, dan sok ngatur-ngatur Mae. Alhasil mereka dieman sampe berhari-hari.
Mae mabuk kepayang, terlena oleh cinta monyet sampe terbengkalai nggak ngurusi tugas-tugas dan PR dari sekolah.
Hingga suatu hari, saat penerimaan raport, Mae terbelalak. Rasa tak percaya akan hasil ulangannya. Sebenernya Mae lebih pintar dari Danish, tapi……
Mata Mae benar-benar tak percaya melihat Danish ada di rangking pertama, sementara dia di urutan 9. jadilah Mae semakin benci Danish, apalagi saat Miss Aida memanggilnya ke kantor. Dia menyayangkan nilai-nilai Mae yang menurun drastis. Padahal diam-diam Miss Aida menjagokan Mae agar tahun depan bisa masuk ke deretan siswa yang ikut pertukaran pelajar ke Australia.
“Mae….ibu harap kamu bisa ngasih alasan ke ibu kenapa tiba-tiba nilai kamu hancur begini. Padahal ibu sempat menjagokan kamu agar tahun depan bisa ikut pertukaran pelajar. Tapi….kamu ngecewain ibu…….
Kalau nilai-nilai kamu begini dan semester depan nggak bisa memperbaiki, I’m sorry….kamu akan kehilangan kesempatan bagus itu…..”, Miss Aida berkata begitu serius.
Mae jadi ngerasa begitu bersalah udah ngecewain harapan Miss Aida yang banyak membantunya. Usai menghadap Miss Aida, Mae berlari ke toilet. Matanya berkaca-kaca menyesali semuanya, saat tiba-tiba Mae mendengar suara cekikikan di luar toilet. Merasa penasaran, Mae mengintip dari dalam, ia merasa mengenali suara itu.
“Ya elah…..apanya yang susah sih…. Evan gitu loh….masak iya gue nggak bisa naklukin anak kampungan gitu…… sebenernya gue tuh ilfil banget tau nggak sih……”
“Ha….ha….ha….ha….”
“Emang kenapa Van…?”
“Abis…tuh cewek asli kampungan…… Masa hari gini nggak punya hape. Mana nggak ngerti diajak ngobrol soal musik….trus…namanya itu loh…. Mae... alias Maemunah………”
“Ha….ha….ha….ha….”
Tiga cowok yang ada di depan toilet itu Evan dan temen-temennya.
Serasa disambar petir di siang bolong. Ternyata apa yang dibilang Danish benar. Evan cowok kurang ajar.
Ternyata dia deketin Mae gara-gara taruhan sama temen-temennya, dan Evan sebenernya masih pacaran sama Fristy. Gosip itu sengaja dihembuskan ke Mae, agar Mae percaya aja kalo Evan emang udah ngejomblo.
Mae mengepalkan tangannya. Kalo aja nggak inget ini di sekolah udah Mae habisin tiga cowok sok ganteng itu.
Tapi sumpah !! hari itu Mae bener-bener dapat pelajaran baru, bahwa Mae nggak boleh percaya gitu aja sama orang.
Mae coba nguatin hatinya. Ditariknya napas panjang. Begitu susana sepi, Mae keluar toilet. Satu-satunya orang yang dicarinya adalah Danish.
“Oh my god…….gue udah ngelukai hati Danish, gue udah kagak percaya omongan Danish…….”. Mae terus menyalahkan diri sendiri karena udah nyakiti sahabat terbaiknya, Danish.
Tapi Mae tak menemukan sosok manis itu. Kata temen-temen usai menerima raport, saat ijin ke toilet ada yang lihat Danish pingsan dan dibawa ke UKS. Raport memang harus diambil orang tua, tapi berhubung orangtua Danish sedang dalam perjalanan dari luar kota, maka dia minta dispensasi ambil sendiri, sementara raport Mae dimabil oleh babenya.
Mae mencari Danish di UKS. Di sana Danish terbaring lemas di atas tempat tidur. Ada oksigen di hidungnya.
Tanpa pikir panjang Mae memeluk tubuh Danish. Beberapa temen yang di sana terlihat sedih.
“Danish kenapa ? kenapa dia sampe pingsan ?” Mae bertanya pada doketr jaga tapi cuma gelengan kepala yang ia dapat.
“Saya belum bisa memastikan kenapa Danish tiba-tiba pingsan. Kemungkinan dia sesak nafas.”
“Dok, kami udah menghubungi ortu Danish. Katanya Danish lebih baik dibawa ke rumah sakit aja……. Mereka akan segera menyusul……”
Seorang penjaga UKS bicara. Mae semakin penasaran. Tanpa pikir panjang, setelah minta ijin babenya yang masih rapat wali murid, Mae ikut nganter Danish ke rumah sakit. Mae terus berdoa semoga Danish nggak apa-apa.
Sesampai di rumah sakit, orang tua Danish sudah menunggu. Danish langsung masuk UGD dan ditangani dokter. 30 menit kemudian seorang dokter keluar.
“Maaf Bu…Pak….”
“Kenapa dok…..Danish baik-baik aja kan ?”, mama Danish tak sbar.
“Kami sudah berusaha tapi…..Alloh berkehendak lain……Danish tidak bisa kami selamatkan……”
“Apa……??!!! Danish …..Danish…..” mama Danish histeris, kemudian pingsan tak sadarkan diri. Mae langsung berlari ke dalam menemui Danish yang sudah terbujur kaku.
Mae tak dapat berkata apa-apa, selain memeluk erat tubuh sahabatnya itu.
“Nish…..Danish…..bangun Nish……ini gue….Mae…..” Mae meledak tak dapat menahan tangis. Teman-teman dan orang tua Danish berdiri memaku, menatap wajah ayu itu.
“Maafin gue Danish…..maafin gue karena kagak percaya omongan loe…. Jangan ninggalin gue…..bangun Danish…bangun………”

@@@@@@@


Di pusara yang masih merah, Mae tergugu, memeluk nisan yang bertuliskan Danisha Wibisono, sahabat terbaiknya. Para pentakziyah sudah pulang, kecuali Mae dan kedua orang tua Danish.

Mama Danish mengelus rambut Mae, kemudian memeluknya erat.
“Tante tahu kamu sangat kehilangan Danish Mae….. Danish banyak cerita soal kamu…..dia bilang sangat sayang kamu…….”
“Iya tante……Danish adalah sahabat terbaik buat Mae….tapi kenapa dia pergi begitu cepat tante…?”
“Sabar ya Mae…..mungkin ini yang terbaik buat Danish….”
“Tapi sebenernya Danish sakit apa tante…? Kenapa dia kagak pernah cerita ?”
“Sebenernya Danish sakit leukemia Mae…. Sejak kelas dua SMP dia sering ngeluh sakit kepala hebat. Bahkan pernah sampe di jedot-jedotin ke tembok karena terlalu sakit. Setelah diperiksa ternyata dia kena leukemia.
Tadinya Danish anak yang manja, nggak mau kalau diatur ini-itu, tapi entahlah…. Justru setelah divonis leukemia, dia tiba-tiba menjadi pribadi yang amat tegar. Kami sampai tak kuasa menahan tangis malihat semua perubahan Danish. Danish minta didatangkan guru ngaji, banyak belajar agama. Seakan-akan dia tahu kalau umrnya tak lama lagi. Bahkan saat rambutnya mulai rontok karena kemotherapy, Danish memutuskan memakai jilbab. Dia amat semangat belajar hingga larut malam. Cita-citanya satu, ingin jadi dokter spesialis bedah syaraf. Semua buku tentang kedokteran terus dibaca Danish…”.
Mae perlahan melepas pelukan mama Danish.
“Tante…Mae janji, mulai detik ini…Mae akan terus belajar. Mae akan wujudkan cita-cita Danish…..demi Danish…….”
“Apa Mae…? Kamu serius…..?!”. Mata mama Danish berkaca-kaca mendengar ucapan Mae.
“Iya tante…..walaupun Mae anak orang nggak punya…tapi Mae yakin…Mae bisa sekolah di kedokteran seperti keinginan Danish………”
“Nggak usah kuatir Mae…..Danish anak kami satu-satunya….semua akan kami lakukan demi cita-cita Danish……
Mulai hari ini jinkan kami menjadi orangtua Mae juga…..kami akan bantu Mae sampai cita-cita Mae terwujud……asalkan Mae bersungguh-sungguh…”.
“Ya om…..semua omongan Danish emang bener……selama ini Mae terlalu sibuk mikirin yang nggak penting, terlalu besar-besarin masalah sepele, dan nggak punya SKLP………”
“SKLP….? Apaan Mae…?” mama papa Danish saling berpandangan.
“Skala Prioritas…..itu istilah dari Danish…”
“O……..”
“Iya…mulai hari ini Mae benar-benar harus mikirin skala prioritas biar hidup Mae teratur dan nggak lagi buang-buang waktu mikirin hal-hal yang nggak penting….”, ucap Mae penuh semangat.
Tiba-tiba angin semilir berhembus, menggoyang pohon-pohon yang ada di taman pemakaman. Dari tempat yang tak begitu jauh, Mae seperti melihat wajah Danish berdiri tersenyum dan kemudian pergi.
“istirahat yag tenang sobat……we always love you…….”, ucap Mae semangat seraya menaburkan bunga ke pusara Danish…

THE END

0 Komentar:

Post a Comment